PT. INDUSTRI KERETA API (INKA)

0
802

PT. Industri Kereta Api (INKA) adalah  sebuah Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN) yang bergerak di bidang manufaktur kereta api. Diresmikan sejak 1981, PT Inka menempati lahan bekas Balai Yasa  Lokomotif Uap Madiun  (Hoofdwerkplaats te Madiun) yang telah berdiri sejak akhir abad 19.

Sesuai kesepakatan perdamaian Indonesia-Belanda dalam Konferensi Meja Bundar (KMB) yang ditandatangani tanggal 27 Desember 1949, Hoofdwerkplaats te Madiun (dikenal juga dengan nama Bengkel Besar Madiun) termasuk salah satu obyek vital kereta api yang harus diserahkan kepada Indonesia, dan pengelolaannya dimasukkan kedalam aset Djawatan Kereta Api (DKA) sejak 1 Januari 1950. Selama berada dalam pengelolaan DKA, bengkel besar Madiun yang juga disebut Balai Yasa Lokomotif Uap Madiun, melayani perbaikan dan perawatan akhir seluruh asset lokomotif uap yang dimiliki oleh DKA.

Selama 30 tahun Balai Yasa Lokomotif Uap Madiun beroperasi dalam lingkungan DKA-PNKA-PJKA sampai pada tahun 1981, ketika PJKA mulai meninggalkan lokomotif uap dan beralih ke lokomotif dieselĀ  yang lebih efektif dan efisien. Pada 18 Mei 1981, setelah melalui sejumlah kajian, pemerintah meresmikan perusahaan baru dengan nama PT. Industri Kereta ApiĀ  atau biasa disebut dengan PT. INKA. Tiga bulan kemudian tepatnya pada 29 Agustus 1981, seluruh aset Balai Yasa Madiun resmi diserahterimakan dari PJKA kepada PT. INKA, yang sekaligus menandai berakhirnya era lokomotif uap.

SHARE
Previous articleINGGRISAN
Next articlePG. REDJO AGUNG BARU