INGGRISAN

0
957

Situs Inggrisan merupakan sebuah bangunan bersejarah, yang kemungkinan dibangun oleh Belanda pada abad 17. Sebagai sebuah bangunan, Situs Inggrisan telah digunakan  untuk beragam fungsi oleh berbagai pihak.

Menurut Balai Pelestarian  Cagar Budaya (BPCB) Mojokerto dan Balai Arkeologi Yogyakarta pada 2013, bangunan di Situs Inggrisan sebelumnya merupakan  sebuah lodge (loji)  untuk saudagar Inggris yang datang ke Banyuwangi. Ketika berada dibawah kekuasaan Belanda, bangunan di situs ini difungsikan sebagai asrama perwira.

Selain sebagai loji dan asrama, pada masa kekuasaan Belanda, bangunan ini juga berfungsi sebagai stasiun kabel telegraf bawah laut, setelah pihak Inggris melalui perusahaan British-Australia Telegraph Company, pada Tahun 1870 memasang kabel telegraph dengan rute dari Banyuwangi-Darwin. Rute ini merupakan salah satu bagian dari proyek  menghubungkan dunia melalui kabel, namun sayangnya jejak kabel telegraph tersebut dihancurkan Jepang pada masa Perang Dunia II.

Ketika berada dibawah kekuasaan Jepang, bangunan ini difungsikan sebagai markas kempetai (polisi rahasia Jepang).  Saat ini bangunan di Situs Inggrisan berada dibawah pengelolaan Kodim 0825 Banyuwangi dan difungsikan sebagai rumah dinas bagi anggota  Kodim 0825 Banyuwangi.