PG. REDJO AGUNG BARU

0
852

PG. Redjo Agung Baru merupakan salah satu pabrik gula yang berada di wilayah Madiun, tepatnya berada pada ketinggian 67 m dpl di wilayah administratif Desa Patihan, Kecamatan Mangunharjo, Kota Madiun.   Berdiri tahun 1894 sebagai bagian dari NV. Handel Mij Kian Gwan, PG. Redjo Agung Baru menjadi salah satu dari beberapa pabrik gula milik raja gula Hindia Belanda, Oei Tiong Ham.

Pada masa kejayaannya, PG. Redjo Agung Baru bersama dengan PG lainnya yang berada dibawah bendera Oei Tiong Ham Concern, mampu menyumbang 12,5% dari total ekspor gula Hindia Belanda. Nilai tersebut turut membantu Hindia Belanda menjadi negara penghasil gula terbesar pada saat itu.

Pada masa kemerdekaan, seluruh aset Oei Tiong Ham Concern yang ada di Indonesia dinasionalisasi oleh pemerintah, termasuk PG. Redjo Agung Baru. Dengan modal aset Oei Tiong Ham Concern, Pemerintah Indonesia membentuk BUMN  PT. Perusahaan Perkembangan Ekonomi Nusantara (PPEN) Rajawali Nusantara Indonesia, dimana salah satu anak perusahaannya, PT. PG Rajawali I, merupakan gabungan dari PG. Krebet Baru dan PG. Redjo Agung Baru.