Kampung Kemasan, Gresik

0
1979

Kampung Kemasan terletak di daerah Kemasan di Jl. Nyi Ageng Arem-Arem Gang III, Kabupaten Gresik. Sejarah keberadaan kampung ini tidak dapat dilepaskan dari tokoh saudagar China bernama Bak Liong, yang membuka usaha pengrajin emas di daerah tersebut.

Sebagai seorang pengrajin, Bak Liong ternyata sangat terampil dalam    mengolah emas, sehingga mampu menghasilkan produk-produk yang berkualitas baik sehingga sangat diminati oleh orang-orang. Karena kualitas barang          buatannya yang cukup bagus, akhirnya tempat usahanya mulai terkenal, dan banyak orang yang memesan kerajinan emas kepadanya, sehingga lambat laun daerah tempat tinggalnya dikenal orang dengan nama Kemasan atau tempat pengrajin emas hingga saat ini. Keunikan yang terdapat di kampung ini adalah adanya bangunan-bangunan dengan gaya  arsitektur unik, yang merupakan gaya percampuran dari berbagai kebudayaan yang berkembang di Gresik pada saat itu.

Bangunan-bangunan kuno di Kampung Kemasan ini memiliki keunikan yang jarang ditemukan di daerah lain dan diperkirakan dibanguan pada awal abad 20. Arsitektur bangunan yang ada di tempat ini merupakan perpaduan dari gaya desain Oriental dan Eropa. Perpaduan desain tersebut membuat bangunan di tempat ini memiliki penampilan yang khas, sekalipun pada awalnya digunakan   sebagai tempat tinggal pribadi, akan tetapi saat ini fungsi bangunan-bangunan ini berkembang, tidak hanya sebagai tempat tinggal pribadi, namun juga sebagai obyek wisata dan peternakan burung walet.