PELETAKAN BATU PERTAMA PEMUGARAN CANDI MIRIGAMBAR

0
791

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, melakukan peletakan batu pertama pemugaraan Candi Mirigambar di Desa Mirigambar, Kecamatan Sumbergempol, Sabtu 6 Maret 2021. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Bapak Sinarto juga ikut serta mendampingi Bupati Tulungagung dalam acara peletakan batu pertama pemugaran Candi Mirigambar. Beliau mengungkapkan, akan terus berjalan beriringan dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur dalam upaya pemeliharaan situs cagar budaya. Apalagi situs cagar budaya juga merupakan aset pariwisata.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur berharap dengan berubahnya zona kuning di Jawa timur menjadi zona hijau, akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Timur.

 Sinarto memaparkan, jika Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menurunkan 10 petugas juru pelihara cagar budaya di Tulungagung. Penugasan juru pelihara Cagar Budaya ini merupakan bentuk kepedulian dari Ibu Gubernur Jawa Timur. Rencananya pemugaran akan berlangsung selama 10 bulan. Lima bulan pertama peletakan batu, dan lima bulan selebihnya akan dilakukan pembangunan kembali.

 Candi Mirigambar diperkirakan dibangun pada akhir abad 12 hingga akhir     abad 14, sesuai dengan relief angka yang terpahat pada candi ini yakni 1214 Saka dan 1310 Saka. Kondisi belakang candi tersebut terlihat hancur, sedangkan sisi sebelah selatan candi tersebut yang mempunya tiga panil relief. Kedua panil masih terlihat sangat baik, namun di panil tengah sudut atasnya agak mengalami kerusakan.

Panil relief yang terdapat pada Candi Miri Gambar dulu berjumlah 11 bidang. Namun, sayang sekali panil relief tersebut hancur. Tetapi masih ada satu panil relief yang masih tersisa dan kondisinya masih bisa dikatakan baik. Panil relief tersebut berada di dinding depan teras kesatu yang berbentuk empat sosok orang. Empat sosok orang tersebut meliputi seorang pria bertopi tekes, dua orang perempuan di tengah, dan satu orang laki yang bertubuh gemuk dan rambutnya tergulung di puncak kepala Panil di sisi depan teras pertama Candi Miri Gambar menceritakan kisah Panji, namun dalam kisah Panji yang mana belum diketahui.