CANDI JABUNG (Probolinggo Jawa Timur)

0
1811

Candi Jabung terletak di dsn candi, desa Jabung candi kecamatan paiton kabupaten probolinggo yang mana berada dipengawasan dan pembinaan kantor balai pelestarian cagaar budaya(BPCB) di trowulan kab. Mojokerto Provinsi Jawa Timur. Bahan bangunan Candi Jabung terbuat dari bahan batu bata merah dan sebagian kecil dari batu andesit.

Candi jabung bersifat agama budha dan merupakan peninggalan Majapahit, ciri-cirinya adalah
– Bahan bangunan terbuat dari batu batah merah
– Relifnya rata-rata bunga teratai
– Ada relif berbentuk persegi empat dan di tengah ada gambar kala, diatas kala terlukis relif SURYA MAJAPAHIT, lambang kejayaan kerajaan majapahit.
– Di dalam bilik atas (langit-langit) terdapat batu bulat berukir. Benda tersebut adalah perisai, suatu lambang kejayaan majapahit. – Di atas ambang pintu bilik terdapat relif angka tahun 1276 c/1354 M. Tahun masa kejayaan kerajaan majapahit masa kurun pemerintahan Hayam Wuruk

Sedang candi yang terletak disebelah barat daya  dari candi induk ini adalah candi menara sudut(candi sudut pagar keliling). Terletak disudut pagar candi induk. Dan candi menara sudut ini terbuat dari batu bata merah sejenis dengan bahan yang dipakai candi induk. Pemugaran candi dilaksanakan pada tahun 1983 – 1985 (2 tahun).