SITUS KENDENGLEMBU

0
2480

Kendenglembu merupakan sebuah situs pemukiman  kebudayaan neolitik  yang sangat penting bagi Pulau Jawa dan Indonesia pada umumnya. Keberadaan situs ini menjadi penting karena memperkenalkan peninggalan-peninggalan pada masa awal kolonisasi wilayah timur pulau  Jawa oleh masyarakat penutur bahasa Austronesia.

Beberapa bukti peninggalan neolitikum  Kendenglembu antara lain; Batu Lumpang, Batu Lesung, dan peralatan dari serpihan batu yang diperkirakan berasal dari masa 1000-800 tahun sebelum masehi.

Situs Situs

Keberadaan mengenai Situs Kendenglembu pertama kali dilaporkan oleh W. Van Wijland dan J. Bruuman  pada tahun 1936. Situs terletak ditengah perkebunan karet di Desa Karangharjo diwilayah Kecamatan Glenmore, antara wilayah Jember dan Banyuwangi.

Menurut H.R. Van Heekeren, lapisan atas atas setebal setengah meter menghasilkan artefak dari masa sejarah, sedangkan lapian bawah setebal 30 cm merupakan deposit hunian neolitik dengan temuan  berupa beliung persegi yang diupam dan sejumlah besar fragmen tembikar. Penelitian kedua dipimpin oleh R.P Soejono dari Bidang Prasejarah LPPN pada tanggal 15 Januari– 4 Februari 1969 dan menghasilkan kesimpulan bahwa Situs Kendenglembu memiliki  dua lapisan budaya, yaitu lapisan sejarah untuk lapisan atas dan lapisan neolitik untuk lapisan bawah.

Penelitian berikutnya dipimpin oleh Gunadi Nitihaminoto dari Balai Arkeologi Yogyakarta, melalui dua tahap penelitian, pada 19-28 Februari 1986 (Tahap I) dan  1-3 Oktober  1986 (Tahap II). Dengan hasil yang kurang lebih sama dengan penelitian-penelitian sebelumnya.  Berdasarkan informasi dari penduduk lokal, Nitihaminoto juga mengadakan survey ke  Situs Kalitarjem yang berjarak sekitar 35km arah barat daya Situs Kendenglembu. Pada survey tersebut ditemukan beberapa calon beliung, tatal dan pecahan tembikar pada permukaan tanah.

SHARE
Previous articleSITUS PANGGER, MAGETAN
Next articleSITUS MACAN PUTIH