KEAJAIBAN API ABADI, API YANG TAK KUNJUNG PADAM

0
784

Fenomena Geologi Api Abadi

Jawa Timur selain  memiliki ragam hayati yang indah juga memiliki fenomena geologi yang unik seprti Api Abadi. Api abadi ini merupakan  suatu proses alam keluarnya gas dari dalam tanah melalui zona`rekahan yang kemudian tersulut api, sehingga tercipta Api Abadi yang tak kunjung padam walaupun dalam kondisi hujan deras.

Fenomena alam  ini dapat kita kunjungi di Kabupaten Bojonegoro, tepatnya berada di kawasan desa Sendangrejo, Kecamatan Ngasem. Api abadi ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat menarik dan langka keberadaannya di Jawa Timur dan dikenal dengan nama “Kayangan Api”. Kita ingat beberapa tahun yang lalu, yaitu tahun 2000 saat penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional ke XV di Jawa Timur, di sinilah api abadi diambil untuk dijadikan “obor api semangat” PON yang sekaligus menjadikan nama Kayangan Api semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Sumur Blukutuk

Tak jauh dari titik Api Abadi, terdapat mata air yang menghasilkan bau menyengat karena mengandung belerang. Selain suguhan api abadi, wilayah ini juga terdapat fenomena alam lain yang tidak kalah menakjubkan, yaitu “Sumur Blukutuk”. Sumber mata air ini berwarna keruh dan terlihat seperti air panas yang mendidih disertai aroma belerang yang menyengat tajam. Namun ketika disentuh air ini sama sekali tidak terasa panas. Masyarakat sekitar percaya bahwa air dari Sumur Blukutuk ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. 

Keberadaan Kayangan Api

Menurut Juru Pelihara Kayangan Api, Konon di hutan Kayangan Api ini digunakan  tempat pertapaan seorang Empu pembuat keris dari. Kerajaan Majapahit bernama Empu Supa. Sang Empu dikisahkan melakukan pertapaan sebelum ia membuat pusaka di lokasi   Kayangan   Api. Dalam proses pembuatan keris tersebut, Api yang keluar dari dalam tanah tersebut digunakan untuk menempa keris dan kemudian air dari Sumur Blukutuk digunakan sebagai air untuk mensucikan keris hasil buatannya.

Upacara Ritual

Adanya keyakinan masyarakat sekitar ataupun masyarakat luar Bojonegoro bahwa Kayangan api adalah tempat yang sacral, maka hampir setiap malam Jumat Pahing (Penanggalan Jawa) Kayangan Api banyak dikunjungi. Mereka melakukan upacara ritual untuk berdoa agar mendapat jodoh yang baik, usaha lancar dan bahkan ada yang memanjatkan doa agar mendapatkan kedudukan yang diinginkan.

Sumber Tulisan :

  1. https://travel.okezone.com/read/2018/12/02/406/1985870/keajaiban-wisata-api-abadi-kayangan-api-tak-padam-meski-hujan-menerjang
  2. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5199375/bojonegoro-siapkan-langkah-agar-kayangan-api-tidak-padam-seperti-mrapen
  3. https://travel.detik.com/cerita-perjalanan/d-5397795/misteri-api-yang-tak-pernah-padam-dari-zaman-majapahit
  4. https://radarmojokerto.jawapos.com/read/2020/07/31/206812/api-abadi-kayangan-api-fenomena-alam-terbesar-di-asia-tenggara
  5. Sumber foto koleksi pribadi