PENINJAUAN TEMUAN BATU PRASASTI DI KABUPATEN MADIUN

0
1025
Prasasti Batu yg bertempat di belakang rumah penduduk

Lokasi temuan berada di Desa Matesih Kecamatan Wonosari Kabupaten Madiun. Objek diduga Cagar Budaya ini berada di pekarangan belakang warga. Kondisi fisiknya relatif utuh, dimensi bidang media memiliki ukuran tinggi 119 cm, lebar 97 cm, tebal 28 cm. Bagian bawah yang berfungsi sebagai dimensi penopang memiliki ukuran tinggi 37 cm, lebar 97 cm, tebal 32 cm. Dari pengamatan fisik pada permukaannya tidak ditemukan adanya tulisan, simbol, lambang atau gambar yang pernah digoreskan. Indikasi ini menandakan bahwa batu tersebut belum pernah terpakai untuk memahatkan maklumat apapun walaupun awalnya diperuntukkan untuk memahatkan sesuatu, hal ini dapat diartikan ada kekurangan pada benda tersebut :

Temuan Prasasti di Desa Matesih Kab Madiun
  • Pertama, hal yang paling jelas terlihat bahwa permukaan batu tersebut sangat kasar, berpori besar dan dibeberapa permukaannya ada bopeng atau permukaan batu tersebut sangat keras untuk dipahatkan baris demi baris dari isi sebuah maklumat, simbol atau gambar.
  • Kedua, adanya suatu peristiwa yang mengakibatkan batalnya sebuah penggoresan sebuah penghargaan, maklumat simbol atau gambar suatu tempat atau peristiwa, sehingga prasastipun batal dibuatkan. (reg)