Pemberian Tali Asih Penemuan Kapal Besi di Sungai Bengawan Solo, Kab. Lamongan

0
896

Temuan Kapal Besi di Sungi Bengawan Solo diwilayah Desa Mertani, Kecamatan Karanggeneng, Lamongan.
Perahu yang terbuat dari besi baja ditemukan di dasar sungai Bengawan Solo diduga berupa sistemĀ Pontoon Bridge yang lazim dipergunakan dalam keperluan atau operasi militer seperti jembatan darurat untuk penyeberangan personel atau peralatan militer.

Pemberian Tali Asih kepada Penemu
Kepala Bagian Cagar Budaya dan Sejarah turut menghadiri Tali Asih Penemu Kapal Baja di Kabupaten Lamongan

Kerja keras Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur akhirnya membuahkan hasil. Pada hari ketiga satu buah perahu berhasil di ekskavasi ke daratan, sekitar 50 meter dari tepi sungai. Perahu itu dibawa ke daratan dengan bantuan tenaga dua kendaraaan Jeep dari sebuah komunitas Offroad Lamongan.

Kapal Besi yang berhasil di angkat

Perahu dengan panjang 7,6 meter dan lebar 1,5 meter itu akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk ditempatkan di museum. Untuk sementara perahu tersebut akan disimpan di kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan. Selain BPCB Jawa Timur dan pemerintah setempat, Balai Konservasi Borobudur juga ikut berpartisipasi untuk melakukan konservasi dan memberikan pemahaman cara merawat perahu tersebut.