Perawatan dan Pembersihan Candi Brahu, Trowulan – Mojokerto

0
1607

Candi Brahu sendiri terletak di Trowulan
Tepatnya di dukuh Jambu Mete, Besa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto Provisi Jawa Timur. Namun, keberadaan Candi ini diperkirakan sudah ada sebelum Kerajaan Majapahit berdiri.
andi ini didirikan oleh Empu Sendok, dimana Empu Sendok merupakan seorang raja dari Sejarah Kerajaan Mataram Kuno dan diperkirakan candi Brahu merupakan salah satu peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Koordinator Lapangan Juru Pelihara (Korlap Jupel) Candi Brahu, Marsaid mengatakan, bersih-bersih rumput liar dan lumut tersebut rutin dilakukan. “Dalam setahun, bisa tiga sampai empat kali melihat kondisi. Apalagi kalau musim hujan seperti ini, rumput dan lumut cepat tumbuh,”

Candi Brahu (Trowulan , Mojokerto – Jawa Timur )

Masih kata Marsaid, ada enam orang jupel yang melakukan bersih-bersih di Candi Brahu namun hanya ada tiga orang yang berani naik. Dibutuhkan waktu dua hari untuk membersihkan candi dengan panjang sekitar 22,5 meter dengan lebar 18 meter dan berketinggian 25 meter tersebut. Marsaid menjelaskan, para jupel tersebut membersihkan Candi Brahu secara manual yakni dengan mencabut rumput liar tersebut menggunakan tangan. Akar rumput harus dipastikan ikut tercabut untuk mengantisipasi agar rumput tidak cepat tumbuh lagi.

Perawatan dan Pembersihan Candi Brahu

Menurutnya, bersih-bersih Candi Brahu tersebut selain karena memang sudah ditumbuhi rumput liar dan lumut akibat hujan, juga dilakukan jelang bulan puasa. Pasalnya, lanjut Marsaid, saat lebaran akan banyak pengunjung yang datang ke Candi Brahu.

Pembersihan Candi Brahu