SITUS MELEK

0
1197

SITUS MELEK, SITUBONDO

SITUBONDO – Keberadaan situs cagar budaya, Situs Melek yang terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dinilai kurang terawat.

Berdasarkan observasi dari Bidang Cagar Budaya dan Sejarah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, keadaan lingkungan di sekitar situs cagar budaya (CB) cenderung tidak terawat.

“Namun untuk struktur cagar budayanya masih tampak di permukaan dan terawat dengan baik. Struktur bata kemungkinan berupa pagar keliling selebar susunan 2 bata yang sejajar,” ucap Kepala Bidang Cagar Budaya dan Sejarah Endang Prasanti melalui selulernya pada Kamis (14/2/2019).

“Kita minta Pemkab Situbondo untuk segera melakukan pendataan potensi CB dan melakukan perlindungan dengan cara penetapan,” lanjutnya.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, setelah selesai pendataan baru memikirkan pemanfaatan sesuai UU no 11 th 2010.

“Berikutnya, perlu dilakukan koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mulai dari Dinas Kebudayaan, PU, Bapeda, Kecamatan hingga kelurahan/desa. Dan pelestarian CB harus berjalan seiring dengan pengembangan wilayah dan pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat masa kini,” sarannya.

Hadir melakukan observasi ke lapangan, 3 staf Seksi Pelestarian CB di Bidang CB dan Sejarah yaitu Henny Herahyuni, Choirul Bashori Suyanto dan Nyimas Citra Larasaty.

SHARE
Previous articleKOLEKSI MUSEUM ANJUK LADANG
Next articleALAS TARIK