EAST JAVA HERITAGE EXPO TAHUN 2022 : CITRAGAMA WALI

0
144

Kegiatan “EAST JAVA HERITAGE EXPO TAHUN 2022 : CITRAGAMA WALI” akan dilaksanakan pada tanggal 25-27 November 2022 di Gor Wahana Ekspresi Pusponegoro, Kabupaten Gresik. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Cagar Budaya dan Sejarah Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur yang bekerjasama dengan  Kota Surabaya, Kabupaten Tuban,  Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Gresik.  Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan wadah bagi berbagai daerah di Jawa Timur agar bisa menggali lebih dalam berbagai peninggalan sejarah dan cagar budaya peninggalan peradaban Islam terutama di Pesisir Utara Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan East Java Heritage Expo dikemas dalam bentuk Gelar Budaya, Sarasehan/ Seminar, dan Pameran yang mempertunjukkan, memperagakan, memperkenalkan, mempromosikan, dan menyebarluaskan informasi cagar budaya hasil peninggalan peradaban Islam di Pesisir Utara Jawa Timur. Kegiatan “East Java Heritage Expo” atau “Expo Peninggalan Sejarah dan Cagar Budaya Jawa Timur tahun 2022 dimaksudkan untuk menyuguhkan beberapa aspek cagar budaya peradaban Islam di Pesisir Utara Jawa Timur baik dari aspek religius, heritage, ekonomi, dan budaya. Pada aspek religius bertujuan membedah nilai filosofi dari ajaran para wali; Pada aspek heritage bertujuan membedah nilai dan potensi sejarah dari peninggalan artefaktual dan arsitektur tradisional; Pada aspek ekonomi bertujuan membedah kekuatan perekonomian kawasan pesisir terutama pada masa perkembangan Islam; dan Pada aspek budaya bertujuan membedah nilai budaya warisan dari para wali.

Kegiatan East Java Heritage Expo tahun 2022 yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur dilaksanakan selama 3 (tiga) hari 2 (dua) malam dengan rangkaian acara:

  1. GELAR BUDAYA: SINAU BARENG CAK NUN DAN KYAI KANJENG, TIM KESENIAN PERWAKILAN KABUPATEN/KOTA;DAN MENGUNDANG 200 (DUA RATUS) ORANG TAMU UNDANGAN.
  2. SARASEHAN/ SEMINAR OLEH GURU BESAR SEJARAH PERADABAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM SUNAN AMPEL (UINSA) SURABAYA DAN DOSEN ARKEOLOGI UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA
  3. PAMERAN KOLEKSI UNGGULAN JEJAK SEJARAH DAN ARTEFAKTUAL PENINGGALAN PERADABAN ISLAM DI JAWA TIMUR OLEH:
  • BALAI PELESTARIAN KEBUDAYAAN WIL. XI
  • MUSEUM NU
  • UIN SUNAN AMPEL SURABAYA PRODI SEJARAH PERADABAN ISLAM
  • MUSEUM ISLAM INDONESIA
  • EKSPEDISI ARSITEKTUR ISLAM NUSANTARA
  • DINAS PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF, KEBUDAYAAN, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN GRESIK
  • MUSEUM DAERAH KABUPATEN GRESIK “SUNAN GIRI”
  • MUSEUM KAMBANG PUTIH TUBAN
  • MUSEUM SUNAN DRAJAT LAMONGAN
  • DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA PROVINSI JAWA TIMUR UPT.MUSEUM NEGERI MPU TANTULAR

Turut dilaksankan pula Pameran berbagai Produk Ekonomi Kreatif (EKRAF) dari Kabupaten Gresik. Acara ini dapat disaksikan secara Live di Akun YouTube Disbudpar Jatim dan Akun YouTube Arkeohistoria_jatim.