Kantor Koramil 0809/11 Pare, Kabupaten Kediri

0
533

Kantor KORAMIL 0809/11 Pare terletak di Jl. Puncak Jaya No. 2 Perdana, Pare, Kabupaten Kediri. Markas Koramil ini menempati  bangunan bekas kantor pusat perusahaan kereta api Kediri Stoomtram Maatschappij (KSM). KSM sendiri merupakan sebuah   perusahaan kereta api swasta di Hindia   Belanda yang didirikan pada 1895 , yang kemudian mendapatkan hak konsesi untuk membuka jalur tram di wilayah Karesidenan Kediri. Pembukaan jalur ini untuk memenuhi kebutuhan pemerintah kolonial Belanda akan sistem transportasi yang baik dan handal di Jawa.

Jalur yang dibuka menghubungkan wilayah Kediri, Pesantren, Pare, Ngoro hingga Jombang sejauh lebih dari 100 km. Jalur kereta api ini selain digunakan sebagai sarana transportasi masyarakat pada saat itu, utamanya digunakan sebagai sarana pengangkutan komoditi hasil      perkebunan seperti Tebu, sebagai bahan baku utama industri gula, yang pada saat itu merupakan salah satu komoditas unggulan ekspor Hindia Belanda hingga munculnya Depresi Ekonomi Dunia tahun 1930.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan, semua perusahaan kereta api swasta sementara waktu     diambil alih oleh pemerintah dan digabungkan dengan perusahaan kereta api negara, sambil menunggu tercapainya kesepakatan dengan Indonesia melalui Asosiasi Kereta Api dan Trem Hindia Belanda atau de Vereeniging van Nederlandsch-Indische (Indonesische) Spoor-en Tramwegmaatschappijen (VNISTM). Perundingan itu gagal mencapai kesepakatan dan pada 1958 Pemerintah Indonesia mulai berhenti membayar royalti, sementara perusahaan menjual gedung kantor dan memberhentikan sejumlah staff, serta memindahkan administrasi ke perusahaan Deli Spoorwegmaatschappij (DSM) di Sumatra Timur. Pada Tahun 1959 Pemerintah Indonesia mulai melakukan nasionalisasi seluruh perusahaan kereta api swasta berdasarkan Keputusan Presiden, dan memerintahkan seluruh perwakilan utama untuk meninggalkan Indonesia hingga paling lambat tahun 1960. Pada tahun 1970 Dewan Direksi dengan persetujuan para pemegang saham memutuskan untuk melikuidasi seluruh perusahaan dan menyerahkan penyelesaian masalah keuangan kepada Central Trust Company di Amsterdam. (Inventaris van de archieven van de NV Kediri Stoomtrammaatschappij(KSM), (1894) 1895-1970)NV Malang Stoomtrammaatschappij (MS), (1894) 1896-1970)