BERSIH – BERSIH SITUS SEKARAN

0
710

Pada hari Minggu tanggal 9 Februari 2020  dimulai pukul 08.00 WIB, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur hadir dan mengikuti kegiatan bersih – bersih di Situs Sekaran Desa Sekarapuro Kecamatan Pakis Kab. Malang atas undangan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur. Kegiatan tersebut bertujuan mengajak seluruh masyarakat mengingat kembali situs yang ditemukan pada bulan Februari 2019 lalu, kegiatan sangat diapresiasi oleh Pemerintah dan masyarakat Kab. Malang. Hadir Bupati Malang Bapak H.M. Sanusi, DPRD Prov.Jatim Sri Untari, Ketua DPRD Malang Didik Gatot Subroto, Kepala Desa Sekarapuro, Mahasiswa Jurusan Sejarah FIS UM, Komunitas Pelestari Budaya Malang Raya.

Dalam pidatonya Bupati Malang telah berkomitmen dalam hal pelestarian beliau mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Malang melalui APBD siap menggelontorkan anggaran untuk merekonstruksi dan mengembangkan Situs Sekaran serta, pihaknya akan sharing dengan Pemerintah Jawa Timur maupun Pusat.  (Malang Post).

Anggota DPRD Prov.Jatim Sri Untari juga menyatakan pendukungannya terhadap Situs Sekarang  dan siap membantu jika Pemerintah Kabupaten Malang membutuhkan sharing anggaran dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Pusat “ Kami akan bantu untuk memfasilitasi, apa yang dikerjakan Pemprov Jatim dengan satu syarat jika sudah diserahkan ke Pemkab dan setelah dilakukan kajian oleh BPCB selaku lembaga yang berkompeten dalam hal ini. (Malang Post).

Saat ini Situs Sekarang oleh pihak Jasa Marga dibuatkan dinding pengaman dan atap pelindung karena kedepannya lokasi tersebut akan dijadikan sebagai salah satu objek wisata budaya di Kabupaten Malang juga akan dijadikan Laboratorium Lapangan bagi mahasiswa Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Negeri Malang. (reg.)